Mobil Toyota

Toyota NAV1 Resmi Tak Diproduksi Lagi

Akhirnya, keberadaan Toyota NAV1 versi Completely Kcocked Down (CKD) atau versi buatan pabrik lokal resmi tak diproduksi lagi di pabrik Indonesia. Penutupan aktivitas produksi mobil MPV tersebut pun dimulai sejak 16 Desember 2016 silam. Dengan kata lain, saat ini Toyota NAV1 sudah tak ada versi baru maupun pembaruan lagi.

Perlu diketahui bahwa tindakan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) tersebut tentunya juga tak lepas dari hasil penjualan MPV tersebut yang terus meleseu dan tak ada pertumbuhan sama sekali. Di mana jika mengutip dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan NAV1 sepanjang sepuluh bulan di 2016 (Januari-Oktober), mencapai 423 unit. Jika dirata-rata, penjualannya per bulan hanya laku cuma 42 unit. Dengan fakta penjualan tersebut maka bisa diketahui bahwa minat konsumen Indonesia terhadap mobil MPV bergaya seperti Toyota NAV1 tersebut masih sedikit.

Namun di sisi lain, meski produksinya sudah ditutup, pihak Toyota Indonesia pun menyatakan bahwa pemberhentian produksi MPV secara lokal ini tak berarti bahwa Toyota NAV1 tidak akan dipasarkan lagi di Indonesia. Pasalnya, menurut pihak pabrikan, nantinya NAV1 akan beralih statusnya menjadi completely built up (CBU) atau didatangkan langsung secara import dari pabrik luar negeri.

Di sisi lain, meski Toyota NAV1 tak diproduksi lokal namun yang menarik bahwa pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan mengimport juga model yang sama atau bisa dikatakan kembaran dari Toyota NAV1. Di mana, mobil yang dimaksud yaitu Toyota Voxy yang akan didatangkan langsung secara utuh atau dalam bentuk CBU dari Jepang atau bisa juga dari Thailand.

Terlepas dari hal tersebut, Toyota NAV1 sendiri masih akan hadir di Indonesia dalam bentuk CBU atau didatangkan langsung dari luar negeri. Sehingga, dalam hal ini perlu dipertegas bahwa yang dihentikan oleh PT TMMIN bukan mobilnya namun produksinya secara lokal saja. Dengan kata lain, untuk dunitnya sendiri masih bisa dipesan secara inden ke dealer-dealer Toyota terdekat.