Taman Sari Jogja, Wisata Budaya yang Bernilai Tinggi

Salah satu tempat bersejarah di Jogja yang cukup layak untuk dikunjungi yaitu Taman Sari Jogja. Bukan tanpa alasan mengingat Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan HamengkuBuwono I. Namun, untuk saat ini Taman Sari Jogja sendiri merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah lama diresmikan menjadi tempat wisata populer di Kota Budaya ini.

Sebagai salah satu tempat bersejarah peninggalan jaman dulu, Taman Sari Jogja sendiri memiliki keunikan tersendiri. Dimana, bangunan bersejarah ini memiliki konsep arsitektur yang begitu khas ala kraton zaman dulu. Meskipun di kota ini ada banyak tempat wisata modern namun Taman Sari Jogja ini menjadi salah satu tempat wisata rekreasi yang banyak dikunjungi,baikĀ  oleh para wisatawan sekitar atau dari kota lain. Tentu saja, hal tersebut tak lepas dari daya tarik yang dimiliki Taman Sari Jogja ini.

Selain itu, Taman Sari Jogja sendiri sebenarnya letaknya tak terlalu jauh dengan kraton Jogja. Dimana, berada di Jl. Nogosari No. 6, Patehan, Kompleks Kraton Jogjakarta. Sebagai salah satu cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi, tentu saja taman sari sendiri bisa menjadi salah satu pilihan menarik karena selain berekreasi kita juga bisa tahu tempat-tempat sejarah di Jogjayang masih ada hingga saat ini.

Nah, perlu diketahui juga bahwa untuk jam operasional Taman Sari Jogja sendiri buka setiap hari dari hari senin-minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB, biasanya tempat ini ramai dikunjungi pengunjung pada saat hari libur. Sementara itu, untuk tiket masuknya sendiri per orang Rp 5000, sedangkan bagi yang membawa kamera akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 2000. Tentu, sebuah harga tiket yang cukup terjangkau untuk memasuki wisata cagar budaya sekelas Taman Sari Jogja ini. Selain itu, akses jalannya yang tak rumit dan berdekatan dengan kraton Jogja, tentu akan membuat sobat lebih mudah menuju lokasi ini.