Pantai Pok Tunggal, Pantai Cantik dengan Ikon Pohon Duras

Pantai Pok Tunggal termasuk salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Berada antara deretan pantai terkenal lainnya di Gunung kidul, yaitu diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung, pantai ini merupakan pantai yang populer dan cukup mudah ditemukan.

Pantai Pok Tunggal ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan pantai lainnya di Gunung Kidul, yaitu terdapat sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai yang bernama Pohon Duras. Pohon Duras tersebut terlihat begitu mencolok di pantai ini karena hanya terdapat satu saja dan menjadi simbol atau ikon Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal ini pun diklaim sebagai satu-satunya pantai di Jogja yang memiliki Pohon Duras. Penamaan pantai yang satu ini pun juga tak terlepas dari adanya Pohon Duras tersebut. Disebut Pantai Pok Tunggal karena berasal dari kata Pohon (Pokok) Duras dan pohon tersebut hanya ada satu (Tunggal) sehingga hingga kini terkenal dengan nama Pok Tunggal.

Pohon Duras itu pun sangat dijaga keberadaannya oleh masyarakat. Pengunjung pun dilarang memanjat atau merusak pohon tersebut. Meski demikian, pengunjung masih diperbolehkan untuk berfoto dengan latar pohon itu.

Pantai Pok Tunggal memiliki hamparan pasir putih yang luas dan ombak biru yang cukup besar, sama halnya dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Namun, pantai ini sangat terkenal dengan pasir putihnya yang begitu bersih. Pasir putih yang bersih itu pun tidak terlepas dari peran masyarakat sekitar dan pengelola yang mengeluarkan aturan bahwa siapa pun yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya, maka akan dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,-.

Dengan adanya pantai yang berpasir putih yang begitu bersih tersebut, maka tentunya pengunjung dapat nyaman bermain pasir disana. Ditambah lagi dengan deburan ombak berwarna biru kehijauan dan perbukitan yang mengelilinginya, pantai ini terlihat sangat mempesona. Disana, pengunjung pun dapat berswafoto dengan latar studio alam yang cantik.

Terletak di Desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, untuk sampai ke pantai ini, dari pusat Kota Jogja kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Di pantai satu ini, selain menawarkan pemandangan alam yang indah, kamu juga dapat menikmati fasilitas komplit, antara lain toilet, payung pantai, tenda dome, area camping, warung maka, dan sebagainya.