Museum Ullen Sentalu, Museum dengan Pesona Pemandangan Alam Eksotis

Salah satu museum yang ada di Yogyakarta yang tidak boleh kamu lewatkan untuk kamu kunjungi adalah Museum Ullen Sentalu. Museum yang berada di Jalan Boyong, Kaliurang, tersebut merupakan museum terbaik yang ada di Jogja dan bahkan di Indonesia, sehingga patut kamu kunjungi ketika berada di Jogja.

Museum Ullen Sentalu ini menyimpan berbagai koleksi menawan  mengenai budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Terletak di kawasan Kaliurang yang merupakan dekat dengan obyek wisata Gunung Merapi, suasana di museum ini pun terasa sangat sejuk dan bahkan bisa dibilang cukup dingin karena suhu di daerah tersebut berkisar antara 15 hingga 25 derajat Celsius.

Ketika pertama kali memasuki kompleks museum ini, pengunjung akan disuguhkan dengan arsitektur vernakular yang begitu menyatu dengan alam dan dengan pemandangan yang hijau segar pepohonan rimbuh yang menglilinginya. Disana, selain kamu dapat memotret berbagai benda yang ada di dalam museum ini, kemu juga dapat berselfie ria di luar ruangan museum ini karena pemandangan di sekitar museum tersebut sangat indah dengan latar Gunung Merapi dan hamparan hijau pepohonan di sekitar Gunung Merapi.

Sebagai museum terbaik, Museum Ullen Sentalu pun memiliki sejumlah pemandu berpengalaman yang akan memandu setiap wisatawan yang berkunjung yang akan menjelaskan secara rinci isi museum. Oleh karenanya, jangan kaget jika kamu berkunjung di museum ini kamu tak hanya sekedar melihat-lihat benda bersejarah yang ada disana saja tetapi kamu akan di dampingi pemandu sehingga kamu dapat mengetahui secara detail terkait benda bersejarah tersebut.

Koleksi benda-benda sejarah yang ada di museum ini pun dibagi dalam beberapa ruang, yaitu lima ruang. Yang pertama, yaitu Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan perangkat gamelan. Sedangkan Ruang Guwo Selo Giri merupakan sebuah ruangan yang memamerkan lukisan tokoh-tokoh yang mewakili empat figur Dinasti Mataram, dan Kampung Kambang yang memamerkan koleksi batik, syair, hingga album hidup GRKay. Siti Nurul kusumawardhani. Terakhir, yaitu Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

Fasilitas yang diberikan museum ini sangat lengkap, yaitu musholla, toilet,lahan parkir, dan yang tak kalah menarik aadalah terdapat restoran yang memiliki arsitektur gothic yaitu Restoran Beukenhof yang menyediakan masakan Eropa.