Keraton Jogja

Jogja. Salah satu kota yang memiliki keistemewaan setelah Aceh dan disebut dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Keistimewaan Jogja ini terletak pada sistem pemerintahan yang masih dipimpin raja atau Kesultanan. Hal ini menunjukkan bahwa Jogja menjadi salah satu kota yang masih mempertahankan budaya luhur Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Kesultanan Kota Jogja atau juga disebut dengan Kesultanan NgayogyakartaHadiningrat mulai bergabung dalam NKRI pada tahun 1950. Kesultanan Jogja ini didirikan oleh HamengkuBuwono I pada tahun 1755. Dan saat ini dipimpin oleh putra Keraton yakni Sultan HamengkuBuwono X.

Meskipun demikian, semakin maju teknologi dan perkembangan negara tentu Jogja juga mengalami perubahan yang cukup signifikan yakni pada obyek wisata yang disuguhkan. Istana Jogja atau juga disebut dengan Keraton Jogja menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Jogja.

Ketika kamu masuk ke kompleks keraton maka kamu akan menemukan museum yang menyimpan beragam koleksi barang milik keraton seperti gamelan, kereta kencana, replikasi pusaka keraton atau bahkan barang-barang pemberian raja-raja Erop. Ketika memasuki kawasan Keraton maka kamu akan disuguhkan tempat yang tenang nan luas. Sehingga pantas saja jika Keraton Jogja menjadi salah satu bangunan kesultanan terbaik.

Jika kamu berkunjung ketika tanggal 1 Maharram atau satu sura maka kamu akan melihat beragam pawai sebelumnya. Selain itu, juga ada tradisi memandikan benda-benda pusaka keraton. Maka dari itu, wajar saja jika Jogja menjadi kota yang penuh dengan sejarah dan kebudayaan karena tradisi-tradisi jawa yang masih dilakukan hingga saat ini.

Untuk menuju lokasi wisata Keraton Jogja sebenarnya cukup mudah karena letaknya dekat dengan Jl. Malioboro yakni kurang lebih berjarak 50 meter. Kamu cukup berjalan untuk menuju ke lokasi wisata Keraton Jogja ini. Sehingga, selain menikmati pesona budaya Jogja maka kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh dikawasan Jl. Malioboro. Untuk ke Keraton Jogja sebaiknya datang diantara pukul 8 pagi hingga 2 siang sebab setelah pukul 2 siang biasanya sudah tidak lagi dibuka.