Kawasan Wijilan, Salah Satu Sentral Gudeg yang Paling Enak

Gudeng memang merupakan kuliner khas dan menjadi salah satu identitas dari Kota Jojakarta. Gudeg sendiri adalah hidangan yang bahan bakunya terbuat dari nangka muda dan santan. Umumnya kuliner khas Jogja yang satu ini akan disantap dengan beragam lauk pauk. Semisal krecek, telur rebus, daging ayam, tempe, ataupun tahu yang dibacem. Rasa dari gudeg biasanya juga terasa manis dan ada tambahan rasa gurih yang berasal dari campuran bumbu santal kental.

Karena kuliner gudeg memang sudah begitu melegenda sehingga tak heran bila banyak tempat yang menjual makanan ini. Dan salah satunya yang sangat tersohor adalah kawasan Gudeg Wijilan. Kawasan Gudeg Wijilan sendiri memang bisa dibilang menjadi sentralnya kuliner gudeg. Saking terkenalnya, tempat wisata populer di Jogja ini selalu saja ramai didatangi oleh para pecinta kuliner gudeg.

Kawasan Wijilan, Salah Satu Sentral Gudeg yang Paling Enak dan Patut Anda Kunjungi

Memiliki citarasa yang begitu tinggi, kawasan Wijilan disebut-sebut sebagai salah satu pusat gudeg yang paling lezat dan tersohor di kalangan wisatawan penikmati kuliner khas Jogja. Daerah Wijilan sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari kompleks Keraton Jogjakarta, dan bisa dengan mudah anda jangkau sekitar 10 menit saja dengan berjalan kaki ataupun menyewa becak.

Dipelopori oleh seorang pedangan makanan gudeng bernama Bu Slamet yang berjualan sejak tahun 1946 silam, sekarang sudah ada sekitar 17 warung yang berjejer memenuhi sepanjang kawasan Jalan Wijilan. Para pengunjung pun bisa dengan bebas memilih gudeg mana yang mereka inginkan dan sesuai dengan selera.

Warung Gudeg Yu Djum yang berada di Jalan Wijilan nomor 31 misalnya, menawarkan menu gudeg kering dengan citarasa manis yang khas dengan masakan Jogja. Kreceknya pun diiris tipis-tipis kemudian diolah menjadi sambal goreng kering yang lezat berwarna keemasan dan menggugah selera.

Bila anda menginginkan menu gudeg yang rasanya tidak terlalu manis, anda bisa datang ke warung Bu Slamet yang terletak di Jalan Wijilan nomor 17. Umumnya warung gudeg yang berada di kawasan tempat wisata populer di Jogja ini buka mulai pukul 05.30 sampai 20.00 WIB.